Siswa MAN 1 Brebes Dapatkan Edukasi Tentang Sembelih Halal

Brebes, Tops Berita – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Juru Sembelih Halal (Juleha) Kabupaten Brebes bersinergi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes menyelenggarakan Syiar dan Edukasi Juleha Jelang Idul Adha 1444 H/2023 M.

Dalam acara Syiar dan edukasi ini, DPD Juleha juga bersiner dengan Kemenag Kabupaten Brebes

Kegiatan kali ini bertempat di Ruang Meeting Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Brebes Jalan Yos Sudarso No.16, Pasarbatang yang merupakan wilayah Koramil 01 Brebes Kodim 0713 Brebes. Rabu (7/6/23).

Dalam Syiarnya, DPD Juleha bersama Tim memberikan Edukasi cara merobohkan hewan sapi untuk qurban dan menyembelih unggas.

Chasan Mudhofar selaku Ketua DPD Juleha Brebes mengatakan “Kami berkeliling ke sekolah, Masjid dan Mushola serta yayasan dan juga Pondok Pesantren wilayah Kabupaten Brebes. Hal itu dilakukan guna memberikan edukasi tentang Penyembelihan Halal sesuai Kepnakertrans Nomor 147 Tahun 2022 yang tertuang di 10 Unit Kompetensi”. ungkap Chasan.

“Alhamdulillah dari peserta yang hadir bisa melakukan praktek penyembelihan menggunakan unggas. Dan mereka berhasil, artinya dari apa yang siswa lakukan penyembelihan mengatakan sempurna karena 3 saluran leher unggas terputus, yakni saluran pernafasan, saluran makanan dan saluran darah”.  imbuhnya.

Sementara Nurhayati Kepala MAN 1 Brebes yang siswanya Raih Beasiswa 13 Kampus Top Dunia dari AS, Inggris, hingga Kanada mengatakan terima kasih kepada DPKH, Kemenag dan DPD Juleha Brebes yang telah hadir memberikan edukasi Juleha kepada anak didiknya.

“Saya secara pribadi sangat beruntung karena DPD Juleha memberikan edukasi tentang Juru Sembelih Halal di sekolah kami karena sejalan dengan Visi Misi Sekolah yakni membentuk karakter siswa yang Islami dan berguna untuk masyarakat setelah lulus nanti”. tutur Nurhayati.

“Peserta Edukasi sangatlah lengkap yaitu ada perwakilan dari Pengurus OSIS, Pramuka, PMR dan Rohis serta Guru dan staf”. Imbuhnya.

“Harapan kami, kehadiran Juleha bisa menambah ilmu pengetahuan tentang Kehalalan, apalagi sebentar lagi Idul Adha, nah ini sangat penting untuk para siswa terutama panitia qurban yang berada di MAN 1 Brebes ini untuk menerapkan sesuai syariat Islam”. tutupnya.

Pada akhir kegiatan edukasi, siswa mempraktekkan dengan menyembelih 4 ekor ayam. ***

3000 680 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page