TNI Polri, Kesbangpolda dan Dinkes Brebes Seleksi 328 Calon Paskibraka 2024

Brebes, Tops Berita – Kodim 0713 Brebes, Polres dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Kabupaten Brebes melaksanakan seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Brebes tahun 2024 yang berlangsung di Makodim 0713 Brebes, Jalan Jenderal Soedirman 107 Brebes, Jawa Tengah. Selasa (05/03/2024).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Kabupaten Brebes Mochamad Sodiq, S.STP., M.Si saat melihat langsung seleksi yang dilakukan oleh TNI dan Polri mengatakan, terkait seleksi Paskibraka 2024 tahun ini, pihaknya telah mengirimkan surat kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Brebes.

Untuk pendaftaran dilakukan secara online yang dibuka mulai dari tanggal 24 hingga 27 Februari 2024 melalui website https:paskibraka.bpip.go.id. kemudian tahap seleksi tanggal 5-6 Maret 2024 dilakukan secara tentatif disesuaikan dengan kondisional.

Seleksi Paskibraka dilakukan secara berjenjang sesuai arahan Badan Pembina Ideologi Pancasila(BPIP), untuk pedoman pendaftaran, terkait alur seleksi setelah proses pendaftaran dan seleksi administrasi, dan dilanjutkan 4 tahapan lainnya, Seperti seleksi pancasila dan wawasan kebangsaan, serta intelegensia umum,semua nya dilakukanlah secara transparan melalui sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Untuk tes wawasan kebangsaan dan intelegensia umum akan menggunakan sistem Computer Assisted Test yang tentunya ini sangat transparan, sedangkan untuk seleksi yang lain kami laksanakan secara langsung dan kami libatkan TNI-Polri, Dinas Kesehatan, dan PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Kabupaten Brebes,” jelasnya.

Mochamad Sodiq menuturkan untuk selanjutnya tes kesehatan, pada seleksi tahun ini dilakukan secara komprehensif berbeda dengan tahun sebelumnya dimana tes kesehatan secara umum, tahun ini dengan melakukan pemeriksaan mata tidak buta warna, Tidak memakai kacamata dan pemeriksaan gigi sebagai pemeriksaan dasar kesehatan.

Dijelaskanya juga pada penerimaan paskibraka tahun ini seluruh siswa yang memenuhi syarat akan diterima, walaupun tidak mengikuti ekstra kulikuler paskibraka.

“Kesempatan ini juga untuk seluruh siswa, karena kita inginkan yang terpilih nanti memang memiliki potensi, kita ambil sebanyak 36 orang untuk menjadi Paskibraka Kabupaten Brebs 2024,” jelas Mochamad Sodiq.

“Dari data yang kami peroleh, ada 328 siswa yang mendaftar online, 283 menggunakan akun asli dan akun coba-coba 45, sementara yang lulus administrasi 161, dan 122 dinyatakan tidak lulus”. Imbuhnya.

Ia juga memastikan untuk seleksi Paskibraka tahun 2024 ini dilakukan secara transparan tidak ada istilah titipan, karena tes dilakukan menggunakan aplikasi dengan sistim gugur, yang lulus akan mengikuti seleksi selanjutnya dengan nilai yang nanti akan diakumulasi pada penentuan tahap akhir (Pantukhir). (Bkh).

3000 246 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page