Umi Lepas Kontingen Pramuka Penegak dan Pandega Kabupaten Tegal

Slawi, Tops Berita – Bupati Tegal Umi Azizah memberikan apresiasi kepada kontingen pramuka Kabupaten Tegal yang telah mempersiapkan diri mengikuti Rainas 2023.

Hal itu disampaikan Umi Azizah saat melepas 32 peserta Kontingen Pramuka Penegak dan Pandega Kabupaten Tegal. 32 peserta akan mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) ke-12 Tahun 2023.

Acara pelepasan Kontingen Pramuka Penegak dan Pandega Kabupaten Tegal bersama empat orang pendampingnya yang akan mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) ke-12 Tahun 2023 berlangsung di Pendopo Amangkurat. Kamis (10/08/2023).

Rainas ke 12 tahun 2023 berlangsung di Bumi Perkemahan dan Obyek Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

“Rainas ini bisa menjadi ajang memperkenalkan budaya dan pariwisata Kabupaten Tegal secara utuh”, ujar Bupati Kabupaten Tegal.

Menurut Umi, Rainas sekaligus mengembangkan potensi dan jati diri masing-masing sembari menyelami serta mengevaluasi sejauh mana perkembangan gerakan kepramukaan tingkat nasional.

Pendidikan kepramukaan berperan penting dalam membentuk kepribadian generasi muda. Agar memiliki daya juang dan daya saing yang tinggi untuk menghadapi tantangan dengan segala tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, maupun global.

Lebih lanjut, Umi berpesan selama mengikuti kegiatan Rainas, kontingen pramuka bisa mematuhi tata tertib dan adat istiadat yang berlaku. Harus bisa menjaga kesehatan, kekompakan, kebersamaan dan nama baik Kabupaten Tegal.

Selain itu, ia juga berharap bisa menjalin relasi, saling bertukar informasi dan pengalaman tentang kegiatan kepramukaan dengan rekan-rekan lain yang berbeda kontingen.

“Saya harap sekembalinya nanti, kalian dapat berbagi dengan anggota pramuka lainnya yang ada disini. Siapkan diri kalian untuk menjadi teladan yang baik, bermental baja, disiplin, menghormati guru sebagai orang tua di sekolah, terlebih kepada orang tua kita di rumah,” pungkasnya.

Pada tempat yang sama, Kepala Dewan Kerja Cabang Tegal Muhammad Setianto menyampaikan pelaksanaan kegiatan Rainas ini akan berlangsung selama delapan hari, dari tanggal 14 – 21 Agustus 2023. Di sini peserta akan mengikuti sejumlah kegiatan bakti seperti rehab rumah tidak layak huni (RTLH), bakti sosial, dan lain sebagainya. Selain itu, peserta juga mendapat kesempatan mengikuti kegiatan magang di beberapa perusahaan termasuk BUMN.

Usai acara pelepasan, berlanjut dengan pelantikan anggota pramuka penegak dan pandega. Ketua Kwartir Cabang Tegak Widodo Joko Mulyono melantik sebanyak 24 anggota pramuka penegak dan pandega.

Joko mengatakan, pramuka garuda ini merupakan pramuka yang memiliki tingkatan tertinggi. Pramuka garuda sudah menguasai 10 Dasa Darma serta Tri Satya hingga maknanya.

“Artinya pramuka garuda ini sudah berkarakter sebagai insan pramuka, berkarakter mulia yang dapat menjadi panutan bagi pemuda,” kata Joko.

Dia berharap penggerak pramuka garuda ini dapat menjunjung tinggi nilai kedisiplinan, kejujuran, serta keadilan. Nantinya, generasi inilah yang akan menjadi pemimpin Indonesia yang memiliki nilai unggul dan berintegritas tinggi.***

3000 317 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page