Urip : Kabupaten Sehat Didedikasikan Untuk Masyarakat Brebes

Brebes – Topsberita.com – Kabupaten Brebes kembali menorehkan prestasi tingkat nasional, kali ini berupa penghargaan Swasti Saba atau Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023 kategori Padapa. Penghargaan dari Kementerian Kesehatan tersebut diserahkan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin kepada Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin di Jakarta, Selasa (28/11/2023) malam.

“Alhamdulillah, Kabupaten Brebes meraih Swasti Saba Padapa yang artinya menjadi salah satu kabupaten sehat di Indonesia hasil penilaian Kemenkes RI,” ujar Penjabat Bupati Brebes Urip Sihabudin usai menerima penghargaan.

Kata Urip, penghargaan Swasti Saba merupakan predikat atau kategori dalam bidang kesehatan yang diberikan pemerintah pusat kepada kabupaten/kota yang telah berhasil mencapai predikat sebagai daerah yang sehat dengan memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan. Ada tiga kategori yaitu Padapa, Wiwerda dan Wistara.

Untuk mendapatkan penghargaan Swasti Saba ini, lanjut Urip, tidaklah mudah. Pasalnya, kabupaten/kota harus memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Selain Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, juga ada 9 tatanan yang diintervensi, mulai dari Kehidupan Masyarakat Sehat dan Mandiri, Permukiman dan Fasilitas Peribadatan, Pasar Rakyat, Satuan Pendidikan, Pariwisata, Transportasi dan Lalu Lintas, Perkantoran dan Industri, Perlindungan Sosial serta Pencegahan dan Penanganan Bencana Kehidupan.

“Nilai ODF Kabupaten Brebes telah mencapai 100 persen, namun dari 9 tatanan yang diintervensi, kita memang ada beberapa yang masih kurang. Untuk itulah, ke depan kita semua harus terus memperbaiki diri,” ajak Urip.

Penghargaan ini, lanjutnya, tentu didedikasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Brebes. Semoga derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Brebes semakin meningkat dari tahun ke tahun dan ujungnya akan mengangkat IPM (indeks pembangunan manusia).

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Maxi Rein Rondonuwu menyampaikan bahwa Pemberian Penghargaan kabupaten/kota sehat Swastisaba dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan bentuk apresiasi terhadap komitmen dan implementasi dari provinsi kabupaten/kota dan masyarakat untuk meningkatkan serta mewujudkan lingkungan yang bersih aman, nyaman, sehat secara holistik dan berkelanjutan.

“Pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan diselenggarakan rutin oleh Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Menurut Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat, terhadap Kabupaten/Kota Sehat diberikan penghargaan setiap dua tahun sekali pada bulan November dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional. Sebelumnya provinsi, kabupaten/kota telah melakukan beberapa tahapan dan akhirnya saat ini hadir para penerima penghargaan dengan berbagai kategori

Kegiatan yang di laksanakan di Kempinski Hotel, Mall Indonesia, Jakarta memberikan penganugerahan tanda penghargaan swasti saba kabupaten/kota sehat dan STMB tahun 2023 kepada 6 provinsi pembina terbaik dalam memfasilitasi keberhasilan kabupaten/kota sehat dan 1 provinsi yang telah 100 persen mencapai keberhasilan stop buang air besar sembarangan di seluruh kabupaten/kota. Penghargaan kabupaten/kota sehat tahun 2023 ada 136 kabupaten/kota, Swasti Saba Wistara sebanyak 27 kabupaten/kota, Swasti Saba Wiwerda sebanyak 34 kabupaten/kota, Swasti Saba Padapa sebanyak 75 kabupaten/kota dan penghargaan STBM kabupaten/kota dengan rincian STBM Pratama 20 kabupaten/kota, madya 9 kabupaten/kota, paripurna 4 kabupaten/kota. ( Tgh)

3000 237 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page