Camat Pucuk Rantau Dalam Kunjungan Program Lapangan Keberlangsungan dan Keberhasilan Ketahanan Pangan Desa

Kuansing, Tops Berita – Camat Pucuk Rantau, Forum Silaturrahmi Kepala Desa (Forkades) Se-Kecamatan Pucuk Rantau,  Perangkat Desa dan Kelompok Tani Program Ketahanan Pangan se-Kecanatan Pucuk Rantau, Laksanakan Kunjungan Program Lapangan Ke Desa Bukit Kauman dan Desa Pisang Berebus, Pada, selasa, 11/10/2022.

 

Dalam rangka menunjang keberlangsungan dan keberhasilan Program Ketahanan Pangan Desa Se- Kecamatan Pucuk Rantau, segala stakeholder yang terkait dengan program tersebut melaksanakan kunjungan ke  Desa yang ada di Kecamatan Kuantan Mudik, dan Kecamatan Gunung Toar, sebagai bahan pembelajaran dan percontohan bagi pelaku dan Pelaksana program tersebut.

 

Sekretaris Kecamatan Pucuk Rantau Yeyendra menyatakan “Kunjungan lapangan Ini dilaksanakan oleh dua kelompok lapangan, Se Kecamatan Pucuk, yang pertama kelompok Pangan Hewani, yang ada di pisang rebus Kampung Baru dan yang kedua Kelompok Lapangan Palawija di Bukit Kauman,” ucap nya.

 

Kedua kelompok Kunjungan ini disuguhkan dengan Suplemen bagaimana mengelola program Ketahanan Pangan itu dengan baik dan benar, supaya Goals nya memang benar benar tepat guna dan tepat pada tempatnya. Juga Mereka bisa melihat disana bagaimana proses pembibitan ikan, pemberian pakan ikan yang benar dan lain sebagainya, Program Perkebunan Cabe atau Palawija, disana pun para peserta melihat bagaimana proses pengelolaan dan pengembangan kebun tersebut,  mulai dari pembibitan,  penyemaian hingga proses penanaman.

 

Tujuan kunjungan ini adalah untuk media pembelajaran bagi peserta dan percontohan supaya nanti bisa diterapkan di kampung halaman masing- masing peserta atau kelompok tani, Kepala Desa Kauman yang menjadi tuan rumah menyatakan, “kebun lado kami ini pada awalnya hanya lah beranggotakan tiga orang saja, karena pada saat itu masyarakat yang lain belum mau ikut bergabung, sehingganya dengan tekad dan kakinan yang kuat kami kembangkan Program ini dan Alhamdulillah untuk hasilnya sudah mencapai lebih kurang 44 Juta Rupiah, dan ini adalah buah kali kedua” Ungkap beliau.

 

Salah seorang peserta kunjungan Lapangan Mariatun mengungkap kan “Setelah kami mengikuti kegiatan kunjungan lapangan ini, ilmu kami tentang perkebunan palawija dan Perikanan semakin bertambah dan kami bisa berdiskusi dan saling bertukar Fikiran disini untuk kemajuan dan kesuksesan Program Ketahanan Pangan Ini” Ucap nya.(Jen)

3000 182 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page