Usai Terima Arahan Presiden, Dadang Somantri Kuatkan Tema Pembangunan Kota Tegal

Balikpapan – Topsberita.com – Kepala Daerah seluruh Indonesia baik gubernur dan bupati serta wali kota hadir dalam pengarahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Selasa, (13/8/2024).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan 517 kepala daerah hadir dan 35 kepala daerah lainnya berhalangan hadir.

Di depan para kepala daerah, Presiden Republik Indonesia menekankan pentingnya perencanaan dan konsep pembangunan kota yang berorientasi pada masa depan. Presiden menyambut para kepala daerah dengan menggambarkan IKN sebagai simbol kemampuan bangsa untuk merancang dan membangun kota sesuai dengan visi dan kebutuhan Indonesia masa depan.

“IKN membuktikan bahwa kita bisa dan mampu membangun Ibukota sesuai dengan keinginan kita, sesuai dengan disign kita, tetapi memang masih memerlukan waktu yang panjang,” ujar Presiden, mengawali sambutannya.

Presiden kemudian menjelaskan bahwa IKN dibangun bukan hanya sebagai pusat pemerintahan baru, tetapi juga sebagai contoh kota masa depan yang dirancang dengan konsep forest city—kota yang didominasi oleh lingkungan hijau, bukan beton dan kaca.

Presiden pun mengajak para kepala daerah untuk meniru dan menerapkan konsep serupa di daerah mereka masing-masing. Presiden menekankan pentingnya perencanaan jangka panjang yang matang dan detail, meskipun tidak selesai dalam satu periode kepemimpinan.

Ditemui sesaat setelah menerima arahan Presiden RI, Penjabat Wali Kota Tegal, Dadang Somantri menyampaikan bahwa arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait perkembangan pembangunan IKN dan diharapkan setiap daerah memiliki tema sendiri dalam pembangunan.

“Pak Presiden menyarankan seluruh kota memiliki tema sendiri ketika melakukan pembangunan, Ia mencontohkan kota dengan tema khusus. IKN ini sebagai kota hijau, kedepannya mungkin berbasisnya energi yang baru yang terbarukan,” ujar Dadang.

Dadang juga menyampaikan bahwa Presiden memberikan penguatan kepada seluruh kepala daerah dalam usia Indonesia ke-79 tahun.

“Dulu istana- istana yang kita pakai yang membuat orang Belanda, yang mengisi, dan ini ada kemampuan kita membangun kota dan istana baru yang dibangun oleh orang Indonesia tersendiri,” ujar Dadang.

Dadang menambahkan, bahwa Kota Tegal harus mencari bentuk seperti apa yang diarahkan oleh Presiden.

“Kita kan temanya Bahari, jadi harus ditonjolkan kebahariannya, atau kita mencari lagi yang lebih menguatkan,” pungkas Dadang

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional sekaligus Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.(Tgh)

3000 124 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page