Dandim Brebes Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT RI ke 79 di TMP Kusumatama

Brebes –  Komandan Kodim 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusuma, Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Brebes melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci, pada Sabtu (17/08/2024) dini hari. Apel kehormatan dan renungan suci merupakan rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

 

Kegiatan tersebut berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumatama Brebes , Jalan Jenderal Sudirman Brebes.

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kehormatan dan Renungan Suci adalah Kapolres Brebes AKBP Achmad Oka Mahendra.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0713 Brebes Letkol Inf. Sapto Broto, Kapolres Brebes AKBP Akhmad Oka Mahendra, Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Yadi Rachmat Sunaryadi, Pj. Bupati Brebes diwakilkan Sekda Kab. Brebes Ir. Joko Gunawan serta pasukan upacara yang terdiri dari TNI Polri, Para Kepala OPD, Dishub, Satpol PP, dan Pramuka.

 

Dalam Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh Inspektur Upacara Kapolres Brebes AKBP Akhmad Oka Mahendra disebutkan bahwa upacara dilakukan untuk mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di TMP Kusumatama dalam rangka memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan Ke 79 Republik Indonesia. Disebutkan di TMP Kusumatama terdapat 92 persemayaman Pahlawan.

 

Dalam Naskah juga disebutkan sebagai penerus menyatakan hormat yang sebesar – besarnya atas keridhoan keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa.

 

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan dalam kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa ” Semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa ditempatkan yang sebaik-baiknya,” kata Kapolres Brebes saat membacakan Naskah apel kehormatan dan renungan Suci.

 

Kegiatan yang digelar bertujuan untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa tersebut berlangsung dengan aman, lancar dan penuh khidmat dengan mendapat dukungan pengamanan penuh personel gabungan dari TNI Polri, Dishub dan Satpol PP.

 

Rangkaian Apel Kehormatan dan renungan Suci dalam rangka memperingati Hari Proklamasi ke 79 RI di Kabupaten Brebes diawali penghormatan kepada arwah Pahlawan, lampu di padamkan dan Obor dinyalakan, pembacaan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh Inspektur Upacara, Mengheningkan Cipta, Pembacaan Doa dan Penghormatan terakhir kepada arwah Pahlawan. (Alex/IPN/Pen0713).

3000 124 kali dilihat, 138 4 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page