Hasil Karya WBP Lapas Brebes Tidak Kalah Bagus dengan Pabrikan

Brebes, Tops Berita – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes memproduksi ribuan slipper atau sandal hotel di bengkel kegiatan kerja setiap bulannya, Selasa (20/8/2024).

Sandal hotel atau slipper merupakan kebutuhan yang disediakan pihak hotel bagi tamu yang menginap. Walau tersedia berbagai macam jenis sandal, namun yang paling umum berwarna putih dan hitam berbahan karet dan diberi merek nama hotel.

Lapas Kelas IIB Brebes memproduksi sandal hotel dengan kualitas yang tak kalah bagus dengan buatan pabrik. Sedikitnya 12 warga binaan memproduksi sandal hotel setiap hari. Mereka berbagi tugas, mulai dari memotong bahan, mencetak motif dan sablon, pengeleman hingga penghalusan hasil gunting bahan sandal sebanyak dua kali sampai dengan menjahit tepian sandal.

“WBP kami di Lapas Brebes ini masih terus berkarya membuat sandal hotel yang dipesan dari beberapa hotel di wilayah brebes ini,” kata Kepala Lapas Brebes, Isnawan.
Kedepan kata Isnawan untuk memperbanyak pesanan sandal hotel itu, pihaknya akan memasarkan ke tempat yang membutuhkan dengan mengajak kerja sama agar mengambil hasil karya warga binaan Lapas Brebes itu.

“Tapi kalau tidak ada yang memesan kepada kita, kami akan mengambil langkah dengan mengajukan proposal ke pihak-pihak hotel. Karena dari kualitas sandalnya gak jauh beda dari perusahaan-perusahaan yang khusus membuat sandal hotel seperti ini,” kata Isnawan.

Produksi tersebut merupakan bagian dari program kemandirian produktif. Kepala Lapas Brebes, Isnawan mengatakan, saat awal produksi pernah ditolak hotel karena kualitas yang tidak bagus. Kemudian diproduksi kembali dengan memperbaiki kekurangan tersebut. Warga binaan pun semakin mahir membuat sandal hotel dan sangat memperhatikan hal yang detail. Pihak lapas juga melakukan evaluasi secara rutin pasca produksi untuk menjaga kualitas sandal.

(Salam)

3000 220 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page