Cegah Longsor, Kodim 0713 Brebes Olah Lahan 1,5 Hektar untuk Tanam Bibit Akar Wangi

Brebes – Komando Distrik Militer 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusuma, Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si melalui Babinsa Koramil 17 Songgom melakukan pengolahan lahan seluas 1,5 hektar di lahan Milik TNI AD dalam mempersiapkan penanaman bibit akar wangi atau vetiver di daerah rawan bencana longsor diwilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Minggu (21/01/2024).

Sementara Babinsa Koptu Kardiyono, Koramil 17 Songgom, Kodim 0713 Brebes bersama dengan petani lainnya menyempotkan hama rumput agar tidak tumbuh, penanaman bibit akar wangi ini disamping untuk pembibitan, juga untuk keperluan lainnya guna meningkatkan kesejahteraan petani dan juga Babinsa yang mengelola.

Komando Distrik Militer 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusuma, Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si mengatakan “Bibit vetiver berguna mencegah terjadinya longsor saat curah hujan tinggi dan ditanam pada daerah yang rawan longsor”, ujarnya.

Lebih lanjut, Dandim Letkol Infanteri Sapto Broto menjelaskan bahwa akar wangi memilili akar yang cukup panjang sekitar 2-5 meter dengan kekuatan 1/6 kawat baja atau sangat sulit di cabut. Dengan keberadaan akar wangi itu, maka bisa menahan erosi atau bencana tanah longsor, jelas Dandim.

“Pengembangan tanaman akar wangi ini sangat banyak manfaat sebagai mitigasi bencana serta bisa meningkatkan ekonomi bagi masyarakat setempat”, tambah Letkol Sapto Broto. (Bkh)

3000 169 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page